Kopdar I FK-OSI Korwil Jateng


Pelatihan SIMKAH dalam KOPDAR I FK-OSI Korwil Jawa Tengah telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 21-22 April 2012 di KUA Kec. Pracimantoro Wonogiri. Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Prov. Jateng Drs.H.Zainal Fatah,MSI (Zainal Fatah Arif), Bp.Drs.Thohir Luthfi,MM (Kasi IBSOS) dan Bp.Drs.H.Muhammad Syafiq (Kasi Kemitraan Umat), Kasi Urais Wonogiri, Kasi Urais Klaten, Kasi Urais Kendal dan diikuti 200 orang yang terdiri dari para Kepala KUA/Penghulu, Staff, Blekethir (PTT) KUA serta para pionir SIMKAH di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.
Pelaksanaan pelatihan dibagi menjadi dua tingkatan: tingkat Dasar dan Tingkat Lanjutan. Untuk tingkat Dasar dipandu oleh Abu Rifqi (Samsudin, S.Sos.I) dengan dibantu oleh pionir yang lain untuk mendampingi peserta. Sedangkan untuk Kelas Lanjutan dipandu langsung oleh sang Master SIMKAH Aries Setiyawan,S.T dan Maskot SIMKAH Achmad Shampton Maduqie,S.Ag. Hadir pula dalam acara tersebut pionir dari Jawa Timur dan Jawa Barat.

Selain pelatihan SIMKAH, dalam kopdar ini dilaksanakan Bahsul Masail Munakahat, terkait persoalan yang dihadapi oleh para penghulu. Karena baru kali pertma diadakan, dan waktu yang sangat terbatas, maka baru dapat mengidentifikasi masail2, yang selanjutnya akan dibahas dan di unggah melalui FB grup FK-OSI secara bertahap oleh Achmad Shampton Maduqie,S.Ag dan Wahib Adib Adib (Kasi URAIS Kankemenag Klaten)
Ketua FK-OSI Nasional Fairuz Malaya (Fairuz Malaya,S.Ag,MSI) menyatakan prihatin atas pelaksanaan SIMKAH selama ini, karena SIMKAH ini seakan lahir dan hidup tanpa ayah dan tanpa ibu. Namun demikian ia bersemangat untuk tetap menyebarkan SIMKAH bersama para pionir, Para pejuang SIMKAH, para remoter, yang tergabung dalam FK-OSI yang kebanyakan adalah mereka yang berjuang sendiri tanpa ada DUKUNGAN dari BIROKRASI,  mereka bahu membahu berusaha memperbaiki sistem manajemen NTCR KUA melalui penyebaran VIRUS SIMKAH menuju KUA berbasis IT.
Perjuangan mereka dilakukan dengan berbagai macam cara / metode, ada yang mengggunakan jalan dunia nyata : mereka para pejuang simkah hadir di KUA, adapula yang hanya melalui dunia maya (internet) : hanya berpegangan mouse , cara ini adalah yang sering di gunakan oleh para REMOTER, Jurus ini adalah JURUS ANDALAN bagi para pejuang SIMKAH karena tidak menghabiskan banyak waktu. Dengan adanya FK OSI maka komunikasi antara Operator simkah semakin erat dan mudah dalam memecahkan suatu problem/masalah. SEMOGA DENGAN ADANYA SIMKAH KUA SE INDONESIA akan menjadi satu yaitu KUA BERBASIS IT.
“UNTUNG ADA SIMKAH” adalah suatu ungkapan atau slogan begitu banyak manfaatnya simkah dalam menyelesaikan administrasi KUA yang begitu banyak, bukan saja membackup urusan NTCR tetapi juga WAKAF dan lain sebagainya. Dengan kehadiran SIMKAH yang semula kerjaan begitu banyak dan harus dikerjakan dengan begitu banyak orang, banyak menghabiskan waktu, dengan di gunakannya APLIKASI SIMKAH semua kerjaan itu bisa dikerjakan dalam waktu yg singkat, rapi, data terbackup dg aman, dan rapi.
Menurutnya, SIMKAH akan cepat menyebar dan dilaksanakan oleh KUA, manakala didukung oleh birokrasi. Sebab pinternya kayak apa seorang operator maupun pionir, jika tidak didukung oleh birokrasi keadaannya sama dengan La yahya walaa yamuut (hidup segan mati tak mau). Contoh nyata adalah di Kab.Banyumas, Kab. Banjarnegara, Kab. Brebes. Di 3 kabupaten ini birokrasi sangat mendukung sehingga sudah 100% SIMKAH digunakan untuk pelayanan.
Masih menurut Fairuz, "Pak Ali Mustofa (sekarang kepala KUA Kec.Banjarnegara Kab.banjarnegara), yang kita sebut sebagai siMbahnya SIMKAH di Jateng ini, sudah sejak tahun 2006 menguasai SIMKAH, tapi baru tahun 2012 ini mendapatkan Kasi Urais yang mendukung pelaksanaannya hingga berhasil 100% KUA di Kabupaten Banjarnegara melaksanakannya. Bahkan hadirnya ke kopdar ini peserta dari Kab.banjarnegara 100% disupport oleh birokrasi. Lihat saja, satu mobil rombongannya menggunakan mobil plat merah... (he he he ...)"
Peserta terbanyak adalah utusan Kabupaten Purworejo satu Bus (24 orang) yang dipimpin oleh Muh Wazir, dan Kab.Klaten satu Bus ditambah rombongan mobil kasi uraisnya (berjumlah 30 orang), yang dipimpin langsung oleh kasi uraisnya A. Wahib.
Pada Acara Pembukaan, Kasi Kepenghuluan Kantor Wilayah Kemenag Prov.Jateng dalam sambutannya menyerukan : “agar semua Kasi urais mendukung penyebaran simkah dengan target pada tahun 2012 semua KUA di seluruh Jawa Tengah telah mengaplikasikan SIMKAH, minimal secara Offline. Kemudian di tahun 2013 harus sudah online serta mencetak buku nikah dengan printer passbook.” Beliau juga berjanji akan mendukung dan mensupport kegiatan yang dilaksanakan oleh FK-OSI Korwil Jawa Tengah di masa mendatang untuk mengawal terselenggaranya SIMKAHisasi KUA di Jawa Tengah, menuju 100% KUA di Jawa Tengah menggunakan SIMKAH di tahun 2012 ini.
"SIMKAH MENUJU KUA BERBASIS IT"
" FK-OSI MEMPERSATUKAN OPERATOR SIMKAH TANPA MEMANDANG PANGKAT DAN JABATAN "

20 komentar:

kua banyumas mengatakan...

Ass. wr. wb. Begitu indahnya Program SIMKAH dan untuk Kantor KUA Banyumas sudah Online 100%, namun masih banyak KUA yang SIMKAHnya belum pada online, prihatin kami akhirnya. Dari sinilah kami do'akan semoga seluruh Operator SIMKAH mampu melaksanakannya, guna terwujudnya KUA berbasis IT. Terima kasih. Wassalam. Operator SIMKAH KUA Bms.

kua banyumas mengatakan...

Salam dan sukses selalu buat teman - teman Operator SIMKAH di seluruh Indonesia dan selamat mengikuti acara SILATNAS pada bulan April mendatang salam persahabatan dan mat jumpa di Blog kami. Terima kasih. Wassalam

Dari : Muntori

kua banyumas mengatakan...

Wah asyik betul memang SIMKAH Online, kerja cepat, efisien tenaga dan waktu, akurat, dan aman data, mengecekpun cepat pada program SIMBI. Ayo siapa yang belum Oline SIMKAHnya? cepat olnlinekan ! Fungsikanlah para Remoter di kota Anda bila ingin cepat sukses. Terima kasih. Wassalam.

Operator SIMKAH KUA Banyumas ( Muntori )

kua banyumas mengatakan...

Maaf kepada teman - teman Operator SIMKAH di seluruh Tanah air,kami terlalu banyak berkomentar ttg SIMKAH,karena kami ingin memberikan motivasi agar Aplikasi SIMKAH Online segera terealisir di setiap KUA sebagai perwujudan pelayanan prima kepada masyarakat dan dapat diakses langsung oleh masyarakat luas.Untuk itu mari kita saling bahu - membahu untuk mensukseskannya. Terima kasih.
Wassalam.
Operator SIMKAH KUA Banyumas

kua banyumas mengatakan...

SEMAKIN BANYAK DATA ( NC,N ) YANG BELUM DI ONLINEKAN / DITRANSFER, MAKA SEMAKIN BERAT TUGAS KITA, DENGAN DEMIKIAN MARI KTA TRANSFER DATA KITA SETIAP HARI AGAR APLIKASI PROGRAM SIMBI BERJALAN CEPAT DAN SUKSES. TERLEBIH LAGI YANG SUDAH DITINGKAT MAHIR, BANTULAH TEMAN - TEMAN KITA YANG MASIH KESULITAN. TERIMA KASIH. WASSALAM.
Muntori ( Operator )

kua banyumas mengatakan...

KANTOR URUSAN AGAMA YANG BERBASIS IT, ADALAH KUA YANG MAMPU MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI DENGAN CEPAT, TEPAT, AKURAT DAN LENGKAP KEPADA MASYARAKAT SERTA MAMPU MENGAPLIKASIKAN SELURUH PROGRAM ONLINE, TERUTAMA SIMKAH SERAYA BISA DIAKSES LANGSUNG OLEH PUBLIK.

kua banyumas mengatakan...

KEPADA SELURUH TEMAN OPERATOR SIMKAH KHUSUSNYA YANG BERADA DI PROP. JATENG,FUNGSIKANLAH BUKU TUTORIAL APLIKASI SIMKAH DEMI SUKSESNYA PROGRAM SIMKAH ONLINE DI KUA ANDA !

TERIMA KASIH. WASSALAM

kua banyumas mengatakan...

KENDALA SIMKAH PADA KUA BANYUMAS :

1. SERING GANTI VERSI DAN TAMPLATES MAKA SERING TERJADI ERROR, TERLEBIH BAGI KOMPUTER YG SUDAH TUA.
2. SISTEM REMOT TIDAK PASTI BISA, JIKA PROGRAM KOMPUTER BERBEDA ANTARA YG DIREMOT DAN REMOTER.SEHINGGA REMOTER HARUS MENDATANGI LOKASI.
3. SISTEM ONLINE OTOMATIS KURANG EFEKTIF KARENA SEMUA DATA HARUS DITRANFER/DIONLINEKAN TERLEBIH DAHULU.
4. KAMI MOHON USUL KEPADA BIMAS ISLAM KEMENAG RI,AGAR PENGGANTIAN TAMPLATES MINIMAL 3 ATAU 5 TAHUN AN. SEHINGGA TIDAK MENYULITKAN OPERATOR, APALAGI BAGI YG MASIH BUTA KOMPUTER, BELUM PAHAM DAH GANTI LAGI. TERIMA KASIH. WASSALAM.

OPERATOR : MUNTORI

kua banyumas mengatakan...

DIANTARA KEMANPUAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH OPERATOR SIMKAH PADA KUA DI SELURUH INDONESIA
1.MENGOPERASIKAN SELURUH PROGRAM ONLINE DARI KEMENAG RI/BIMAS ISLAM
2.MENYAJIKAN DATA INFORMASI DENGAN CEPAT, TEPAT DAN AKURAT
3.MEMBUAT LINK PADA WEB/WEB BLOG KUA, UNTUK SELURUH PROGRAM ONLINE YANG HARUS DIKETAHUI OLEH MASYARAKAT LUAS
4.MEMBUAT TAMPILAN YANG MENARIK
5.SERING BERKORDINASI DENGAN RELASI DAN ATASAN KERJA KITA
6.KEMAMPUAN MENGELOLA BLOG INTERNET

kua banyumas mengatakan...

BERDASAR HASIL PANTAUAN YANG KAMI LAKUKAN PADA CALON PESERTA SILATNAS FK - OSI, MAKA PROGRAM SIMKAH ONLINE AKAN CEPAT TERWUJUD, KARENA BANYAK YANG BERADA DI TINGKAT MAHIR DAN MENENGAH, UNTUK ITU MARI KITA SEMANGAT TERUS JANGAN LOYO UNTUK MENGONLINEKAN SEMUA DATA.YUK JANGAN KETINGGALAN DENGAN YANG LAINNYA.
OK ?

kua banyumas mengatakan...

KAMI SAMPAIKAN PERMOHONAN MAAF KEPADA SELURUH TEMAN OPERATOR SIMKAH PESERTA SILATNAS KARENA KAMI TIDAK BISA MENGIKUTINYA. KAMI SELALU SIAP MENGIKUTI HASIL APLIKASI VERSI SIMKAH TERBARU, DAN SEDANG MENANTI PROGRAM ONLINE SELANJUTNYA : SIWAK, SIMZAT, SISKOHAT DLL, KARENA PROGRAM SIMBI SUDAH ONLINE SEMUA PADA KUA KAMI. TERIMA KASIH.
WASSALAM.

MUNTORI

kua banyumas mengatakan...

SUKSES PROGRAM ONLINE ADALAH CITRA KUA ANDA

kua banyumas mengatakan...

Ass. wr. wb. kami mohon maaf kepada Bp Pakar SIMKAH, mengapa tampilan SIMKAH Online terakhir kok gak bisa untuk ngecek data online pada masing - masing KUA ? Bagaimana untuk kepentingan masyarakat luas ? kami mohon penjelasan. Terima kasih. Wassalam

Muntori

kua banyumas mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
kua banyumas mengatakan...

SISTEM VALIDASI PADA SIMKAH ADALAH SANGAT EVISIEN DAN MUDAH, NAMUN CEKKING DATA ONLINE PADA PROGRAM SIMBI SANGATLAH SULIT BAGI KAMI

CPNS 2014 mengatakan...

2014 ini diadain lagi ga" kopdarnya?

kua banyumas mengatakan...

SALAM SEJAHTERA DAN BAHAGIA SELALU BUAT SELURUH PESERTA SILATNAS FK OSI DI SEMARANG, SEMOGA KITA AKAN LEBIH MAJU DAN EFISIEN DIDALAM BEKERJA SERTA MAMPU MENINGKATKAN PROFESIONALIME PARA OPERATOR PADA KHUSUSNYA. TERIMA KASIH

MUNTORI

kua banyumas mengatakan...

Ass. wr. wb. maaf kepada para Operator, mari kita tampilkan Data Nikah KUA kita masing - masing agar publik mudah mengaksesnya. Gunakanlah Blogroll agar lebih mudah dan ringan di server. Terima kasih. Wassalam

kua banyumas mengatakan...

Ass. wr. wb. maaf kepada Bapak Pakar SIMKAH Online yang terhormat, mengapa hingga saat ini SIMKAH Online masih harus berkali kali mengeklik, kita baru dapat mengakses informasinya? padahal sistem awalnya kan JUST ONE CLICK ? mohon penjelasan. Kemudian atas berkenannya kami sampaikan banyak terima kasih. Wassalam.
Operator SIMKAH KUA Banyumas

BLOG KUA BANYUMAS II mengatakan...

HALLO SHOBAT OPERATOR SIMKAH YANG TERHORMAT, SESUDAH SIMKAH ONLINE 100 PERSEN MAKA SELANJUTNYA HARUS BISA DIAKSES OLEH SELURUH LAPISAN MASYARAKAT, UNTUK ITU SEGERALAH POSTING LINK NYA PADA WEB/BLOG ANDA ! TERIMA KASIH. WASSALAM

OPERATOR SIMKAH DAN INTERNET KUA BANYUMAS